Layanan
Jemaah Haji Indonesia makin membaik dari waktu ke waktu. Ada begitu banyak perkembangan yang dirasakan oleh para jemaah, yakni tingkat kepuasan yang makin membaik. Hal ini tentunya perlu diperbaiki dari karena akan makin banyak jemaah di tahun-tahun mendatang.
|
Jemaah Haji Indonesia |
Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) pada 2018 naik 0,38 poin menjadi 85,23 dari tahun sebelumya. Ini mengindikasikan bahwa layanan jemaah haji Indonesia pada tahun ini masuk kategori sangat memuaskan. Dalam empat tahun terakhir layanan haji Indonesia terus mengalami perbaikan, ini terbukti dari IKJHI mengalami kenaikan. Bahkan beberapa aspek penilaian kepuasan jemaah haji tersebut mendapat kriteria memuaskan dengan meraih skor di atas 85. Antara lain layanan transportasi bus antarkota (88,25), petugas (87,69), transportasi bus shalawat (87,65), ibadah (87,12). Kemudian katering non-Armina (86,91) dan akomodasi hotel (86,02).
Dengan data ini, bisa kita simpulkan bahwa Indonesia memiliki catatan yang lebih baik saat ini. Tentu saja beberapa perbaikan perlu dilakukan agar makin baik dalam beberapa tahun kedepannya. Haji adalah kebutuhan pokok tiap muslim, namun tidak semua muslim memiliki giliran yang sama untuk berangkat ke tanah suci, oleh karena itu manajemen haji ini akan terus diperbaiki dari waktu ke waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar