Jumat, 05 Oktober 2018

Ibukota Negara Makin Padat, Saatnya Pindah?

Pembahasan mengenai pemindahan ibukota RI ke wilayah lain selain Jakarta dan Jawa terus dimatangkan. Penyebab utamanya karena wilayah ibukota sekarang memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Jika diukur dari luas wilayahnya, maka kepadatan ibukota jakarta mencapai 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kepadatan nasional Indonesia. Ibukota Pindah karena berbagai alasan selain karena kepadatan wilayahnya yang makin tak menampung pertumbuhan warganya.

Ibukota Pindah
Ibukota Pindah
Beberapa alasan dibalik wacana pemindahan ibukota ini antara lain karena potensi bahaya diwilayah jawa yang kemungkinan bisa melumpuhkan ibukota seperti kejadian alam Gempa Bumi, Gunung Meletus hingga Tsunami. Wilayah Jakarta termasuk sebagai wilayah yang berbahaya karena masuk dalam gugusan Megathrust selatan yang sewaktu-waktu bisa membahayakan wilayah sekitarnya.

Selain itu, kemacetan di Jakarta juga semakin parah sehingga akan makin melumpuhkan kegiatan ekonomi di ibukota jakarta. Kemacetan yang makin parah ini makin membuat Jakarta tak maksimal baik secara pemerintahan maupun bisnis. Bisnis di Jakarta makin ramai dan semuanya berpusat menjadi satu sehingga akan berbahaya untuk kelangsungan masa depan Indonesia. Lantas, dimanakah wilayah yang tepat jika ibukota pindah? Wilayah kalimantan diprediksi akan menjadi wilayah yang tepat untuk ibukota yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar